x

TPS 24 Kelurahan Turi, Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Saat Pilwali Kota Blitar 2020

Blitar Kota - Pemungutan suara pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar tengah berlangsung serentak di 259 Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh Kota Blitar. Sebanyak 114.890 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Blitar diharapkan menggunakan hak pilihanya pada Pilwali tahun ini. Dari 259 TPS yang tersebar di Kota Blitar, sebanyak 89 TPS berada di Kecamatam Sukorejo.

Satu diantaranya TPS nomor 24 Kelurahan Sukorejo, yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dengan ketat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Sri Wahyuningsih yang bertugas di TPS nomor 24 Kelurahan Sukorejo Kota Blitar, Rabu (09/12/2020).

Sri mengatakan, penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian khusus di TPS ini. Sesuai dengan aturan, warga yang datang diharapkan langsung mencuci tangan, lalu pengecekan suhu badan dan diwajibkan menggunakan sarung tangan plastik. Selanjutnya warga diperkenankan masuk ke lokasi TPS dengan tetap menjaga jarak. Bahkan, ruang tunggu sebelum memasuki TPS diletakkan 5 hingga 7 meter diluar TPS. Sementara untuk penataan diatur 1 meter antar kursi. Tidak hanya itu Sri menambahkan, setiap satu jam sekali pihaknya melakukan penyemprotan desinfectan di seluruh lokasi TPS, pihaknya juga menyediakan stok masker bagi warga yang tidak menggunakan masker. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di lokasi pencoblosan.

“Wah kalau disini Protokol kesehatan yang utama mas, saya usahakan setiap satu jam sekali kita semprot desinfectan yaa. Terus juga kita utamakan yang manula dan ibu hamil ini untuk didahulukan. Ini juga yaaa yang tidak kalah penting juga, kita sediakan masker memnuhi dpt kalau misalkan ada yang ngga pake masker.” Kata Sri.

Sebanyak 438 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 1 RW dan 2 RT melakukan pencoblosan di TPS 24 ini. Sri Wahyuningsih menambahakn, warga Kelurahan Sukorejo sangat antusias untuk melakukan pencoblosan di TPS ini. (fik)

 

Share icon