x

Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Blitar Maksimalkan 6 Layanan Unggulan

Blitar Kota - Enam layanan unggulan yang ada di PLA Kota Blitar diantaranya penyelengaraan pendidikan dan layanan khusus, kampanye dan sosialisasi, diklat dan sumber belajar / pusat asesmen, pusat pelayanan autis dan pusat informasi autis, serta pembinaan ke-orang tuaan.

Rachmi Aida, Kepala Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Blitar saat dihubungi di kantornya, Kamis, (20/02/2020) siang mengatakan, selain layanan utama itu, ruang lingkup pelayanan PLA Kota Blitar juga sangat tertata, seperti Layanan Intervensi Terpadu, Layanan Pendidikan Transisi, Layanan Konsultasi Psikologi serta Layanan Intervensi Medis. Dengan fasilitas yang ada seperti sekarang, PLA Kota Blitar dinilai sejajar dengan PLA yang ada di Kota Besar dan masuk PLA percontohan di Indonesia, seperti PLA Surakarta dan PLA Denpasar.

Metode terapi anak autis yang digunakan PLA Kota Blitar juga sudah menerapkan standar nasional dan international, serta disesuaikan dengan karakteristik anak. Diantaranya metode one on one, Pendekatan ABA (Applied behavior Analysis), Strategi visual, Son rise, Kaufman, Floor Time, Play therapy, Glen Dolman, Sensory motor training, Conductive Education, Development Therapy dan Traning Skill. Metode ini dinilai mampu memberikan layanan terpadu untuk anak autis, serta mengembangkan potensi anak dan kemampuan diri, menuju kemandirian dan masa depan yang lebih baik.

“Layanan kita saat ini sudah sejajar dengan PLA Kota Besar, bahkan sama dengan PLA percontohan, bahkan sekarang menjadi jujukan PLA se-Indonesia untuk study banding. ” Jelas Rachmi.

Saat ini, Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Blitar juga sudah menerapkan Art Therapy untuk meningkatkan kualitas pelayanan. (Yud)

Share icon