x

Pasar Legi Siap Beroperasi Kembali

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar akhirnya meresmikan Pasar Legi yang sempat mengalami musibah kebakaran 2016 lalu. Peresmian dilaksakanan Kamis malam, (20/02/2020). Disemarakkan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk bersama dalang Ki Anom Suroto dengan lakon ”Wahyu Kantentreman“.

Arianto, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar mengatakan, proses pembangunan Pasar Legi memang cukup panjang karena dana yang diajukan ke Pemerintah Pusat tidak cair dan harus ditunda tahun 2018. Namun Pemerintah Kota tetap berusaha dengan menganggarkan dana senilai 50 miliar rupiah di APBD 2019. Arianto juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada berbagai pihak, utamanya pedagang karena telah mendukung dan bersabar menunggu proses pembangunan selesai.

“Ya Alhamdulillah, penantian masyarakat Pasar Legi sudah bisa beroperasi lagi. Pastinya ini tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak, termasuk DPRD yang terus memberikan rekomendasi - rekomendasi, ” kata Arianto.

Santoso, Plt. Wali Kota Blitar juga menyampaikan hal yang sama. Pihaknya menegaskan setelah diresmikan, Pasar Legi bisa langsung dimanfaatkan oleh pedagang yang kiosnya terbakar 2016 lalu. Santoso berpesan agar para pedagang menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan, supaya pengunjung pasar menjadi betah untuk berbelanja di Pasar Legi.

“Saya berharap, beroperasinya kembali Pasar Legi bisa meningkatkan perekonomian Kota Blitar, ” tegas Santoso.

Sebelum peresmian Pasar Legi berlangsung, Suhani, perwakilan pedagang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Blitar dan berbagai pihak yang telah mengusahakan Pasar Legi beroperasi kembali. Ia juga memohon pada Plt. Wali Kota Blitar agar bisa mendapatkan bantuan kredit modal berjualan. (Kir)

Share icon