x

BPS Kota Blitar Ajak Seluruh Perangkat Daerah Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Blitar Kota - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Blitar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Penduduk 2020 di salah satu Hotel Jl. Anjasmoro, Selasa, (18/02/2020). Dihadiri Sekretaris Daerah, Kepala OPD, termasuk Camat di Kota Blitar.

Erny Fatma Setyoharini, Kepala BPS Kota Blitar mengatakan, sensus penduduk 2020 bukan semata - mata kegiatan milik BPS. Seluruh perangkat daerah juga memiliki peran dalam mensukseskan agenda nasional ini. Untuk itu, dalam rapat kali ini terdapat beberapa materi yang disampikan. Mulai dari data kependudukan dan tehnik pengisian data online sensus penduduk. Erny mengatakan, sejauh ini dukungan dari Pemerintah Daerah sangat bagus. Mulai dari Kepala OPD, Camat, Lurah, hingga RT dan RW kompak mensukseskan sensus penduduk lewat sosialisasi. Untuk itu, ia mengajak masyarakat Kota Blitar untuk segera melakukan pengisian data terbaru di halaman sensus.bps.go.id. Jika masyarakat kesulitan, tidak perlu khawatir, karena sensus penduduk juga dilakukan dengan wawancara langsung ke rumah - rumah, Juli mendatang.

“Kita himbau masyarakat untuk segera mengisi data pendudukan online, lebih cepat lebih baik. Kalau ada kesulitan nanti akan didatangi petugas, akan diwawancara Juli 2020, ” jelas Erny.

Sementara itu, Rudy Wijonarko, Sekretaris Daerah Kota Blitar mengatakan, Pemerintah Kota mendukung penuh pelaksanaan sensus penduduk karena menjadi salah satu program nasional. Sensus penduduk juga penting karena menjadi data awal proses pembangunan suatu wilayah. Pihaknya menghimbau agar masyarakat, utamanya ASN segera melakukan pengisian data online. Begitu juga bagi masyarakat yang akan didatangi petugas untuk wawancara, bisa memberikan data secara terbuka.

“Masyarakat kalau nanti didatangi petugas sensus tidak perlu takut. Nanti kita juga akan sosialisasi ke Lurah dan RT RW supaya menyebarkan informasi ini ke masyarakat, ” tegas Rudy.

Sekedar diketahui, sensus penduduk online dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Sementara bagi masyarakat yang belum terjangkau sensus online nantinya akan didatangi petugas pada bulan Juli 2020. (Kir)

Share icon